Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Kronologi Percobaan Pengeboman oleh Umar Farouk

Kompas.com - 29/12/2009, 17:52 WIB

KOMPAS.com — Berikut adalah rangkuman langkah per langkah dari usaha pengeboman oleh Umar Farouk Abdulmutallab pada hari Natal, Jumat (25/12/2009), di pesawat Airbus 330 milik maskapai Northwest Airlines nomor penerbangan 253, yang ketika itu mengangkut 278 penumpang dan 11 awak:

1. Abdulmutallab membeli tiket pesawat seharga 1.775 poundsterling secara tunai untuk penerbangan searah tanggal 25 Desember 2009 dari Nigeria ke Amerika Serikat dengan transit di Belanda. Di Bandara Schiphol, Amsterdam, ia berpindah ke pesawat untuk penerbangan ke AS, dengan terlebih dahulu melewati pemeriksaan keamanan sebelum naik ke pesawat Northwest Airlines, nomor penerbangan 253 ke Detroit. Pesawat lepas landas pukul 09.21 pagi waktu setempat.

2. Setelah 8 jam penerbangan, yaitu sejam sebelum tiba di Detroit, Abdulmutallab menghilang ke toilet selama 20 menit. Sekembalinya dari toilet, di tempat duduk ia langsung berselimut karena mengaku sakit perut.

3. Ia berusaha menyalakan bubuk peledak yang terikat di kakinya dan juga dijahit dalam pakaian dalamnya dengan cara menyuntiknya dengan bahan kimia.

4. Terdengar ledakan kecil dan lidah api menyambar setinggi tempat duduk pesawat. Kaki Abdulmutallab terbakar, tetapi bom itu gagal meledak.

5. Penumpang dekatnya langsung tanggap dan berusaha memakai pemadam dan selimut untuk mematikan api, sekaligus berusaha membekuk Abdulmutallab.

6. Abdulmutallab mengancam awak kapal bahwa ia memiliki peledak di kantongnya. Begitu terbekuk, pakaiannya dilucuti dan ia diborgol di lantai pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com