Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Kolombia yang Diculik Ditemukan Tewas

Kompas.com - 23/12/2009, 10:12 WIB

BOGOTA, KOMPAS.com — Gubernur Provinsi Cacueta, Kolombia, Luis Francisco Cuellar, yang diculik pada Senin (21/12/2009) oleh pemberontak sayap kiri ditemukan tewas Selasa waktu setempat.

Gubernur sementara Cacueta, Olga Patricia Vega, mengatakan, ia telah diberi tahu tentang kepastian kematian Cuellar oleh Menteri Pertahanan Gabriel Silva. "Silva secara pribadi minta saya untuk mengonfirmasi berita itu. Saya tidak lagi memiliki keraguan bahwa FARC (Pasukan Bersenjata Revolusioner Kolombia) yang telah melakukan itu lagi," kata Vega pada radio Caracol.

Sebelumnya, laporan-laporan media menyatakan, polisi telah memeriksa jenazah yang dilubangi peluru yang ditemukan para petani dekat puing mobil yang hangus di lokasi Cuellar diculik, 15 kilometer di selatan ibu kota Cacueta, Florencia. Satu unit FACR, pasukan pemberontak tertua dan berperang paling lama di Amerika Latin, menculik Cuellar, Senin, dari rumahnya.

Presiden Kolombia Alvaro Uribe, Selasa dini hari, melancarkan operasi besar-besaran untuk menemukan dan menolong gubernur yang hilang dan 24 tentara yang juga ditahan oleh kelompok pemberontak Marxis itu. Uribe menolak dialog politik dengan FARC, yang memiliki sekitar 7.000 penempur dan telah berupaya untuk menggulingkan pemerintah sejak 1960-an.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com