Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Warga Korut Menyeberang ke Korsel

Kompas.com - 22/12/2009, 08:36 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Sebanyak tujuh warga Korea Utara telah tiba di Korea Selatan dengan sebuah kapal kecil setelah melintasi perbatasan Laut Kuning dalam kemungkinan upaya pembelotan, kantor berita Korea Selatan Yonhap melaporkan, Selasa (22/12/2009).
   
Kantor berita itu, yang mengutip beberapa sumber pemerintah, menyatakan ketujuh orang tersebut telah dilihat oleh para penjaga  penjaga pantai Senin siang setelah melintasi perbatasan di lepas pantai barat negara itu.
   
Orang-orang Korea Utara itu telah ditanya apakah mereka bermaksud membelot atau apakah kapal mereka terhanyut, kata sumber-sumber itu.
   
Pada 1 Oktober sekelompok 11 orang Korea Utara telah membelot ke Selatan setelah melintasi perbatasan di sisi lain semenanjung itu dengan sebuah kapal pencari ikan kecil. Seoul menolak permintaan Pyongyang untuk memulangkan mereka.
   
Namun seorang tentara Korea Utara yang kapalnya terhanyut melintasi perbatasan dalam perjalanan penangkapan ikan telah dipulangkan bulan ini atas permintaannya sendiri.
   
Perbatasan Laut Kuning yang diperselisihkan tegang sekarang ini. Utara Senin mengumumkan sebuah "zona tembakan" di wilayah itu dan minta pada angkatan laut dan kapal kecil warga sipil Korea Selatan untuk tidak mendekati tempat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com