Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mandat Pasukan PBB di Golan Diperpanjang hingga Juni

Kompas.com - 17/12/2009, 11:18 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Dewan Keamanan PBB sepakat dengan suara bulat, Rabu (16/12/2009), untuk memperbarui selama enam bulan mandat pasukan PBB yang dikerahkan di Dataran Tinggi Golan, yang diduduki Israel sejak 1974. Badan yang memiliki 15 anggota itu mengesahkan resolusi yang memperpanjang mandat UN Disengagement Observer Force (UNDOF), yang akan habis masa berlakunya akhir bulan ini, hingga 30 Juni tahun depan.

Dewan meminta Sekjen PBB Ban Ki-moon untuk mengajukan, pada akhir periode ini, laporan mengenai pengerahan di wilayah itu. UNDOF dibentuk menyusul disetujuinya gencatan senjata pasukan Israel dan Suriah di Dataran Tinggi Golan.

Israel merebut dataran tinggi strategis itu tahun 1967 dan mencaploknya tahun 1981. Damaskus menganggap pengembaliannya sebagai tuntutan yang tak dapat dirundingkan.

UNDOF mengerahkan 1.046 tentara, dibantu oleh 76 pengawas militer, dan didukung oleh 38 staf sipil internasional serta 102 staf sipil setempat. Pasukan itu terus mengawasi pelaksanaan perjanjian tersebut dan mempertahankan gencatan senjata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com