Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investigasi terhadap Makhluk Luar Angkasa Dihentikan

Kompas.com - 07/12/2009, 10:23 WIB

KOMPAS.com — Makhluk luar angkasa memang masih menjadi misteri, dan orang-orang masih saja mencari tahu keberadaan makhluk tersebut. Namun, Kementerian Pertahanan Inggris justru memutuskan untuk menutup unit investigasi makhluk luar angkasa setelah 50 tahun berdiri.

Alasannya bukan putus asa karena tidak menemukan makhluk luar angkasa, tetapi biaya pengelolaan unit itu tidak bisa lagi dibenarkan. Kementerian Pertahanan Inggris menyebutkan, mereka tidak menemukan bukti ancaman terhadap Inggris atau bukti keberadaan makhluk luar angkasa meskipun publik mengirimkan ribuan laporan telah melihat piring terbang atau unidentified flying object (UFO).

Kementerian menyatakan tidak memiliki opini tentang keberadaan alien dan tidak memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi penglihatan tentang makhluk tersebut. ”Tidak ada keuntungan pertahanan dalam investigasi semacam itu dan hanya akan membuang-buang sumber pertahanan,” sebut kementerian itu, Sabtu (5/12).

Juru bicara Kementerian Pertahanan menambahkan, ancaman terhadap zona udara Inggris akan dipantau oleh radar dan diurus oleh pesawat-pesawat Angkatan Udara Kerajaan Inggris. Para pekerja di unit itu mengatakan akan mengakhiri penelitian tentang salah satu misteri terbesar sepanjang sejarah manusia.

Dengan penutupan unit itu, Kementerian Pertahanan Inggris bisa menghemat pengeluaran 73.000 dollar AS per tahun dan akan dialihkan untuk mendukung pasukan Inggris di Afganistan. (AP/Reuters/FRO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com