Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Tinggi Orang Terpendek di Dunia

Kompas.com - 16/10/2009, 13:44 WIB

KATHMANDU, KOMPAS.com — Khagendra Thapa Magar (18) dari Nepal diduga sebagai orang terpendek di dunia dengan tinggi 56 cm. Ia berharap rekor ukuran tubuhnya itu diakui secara resmi.

Menurut laporan THT Online, empat tahun lalu Thapa mengajukan permohonannya untuk memperoleh Guinness World Record sebagai orang paling pendek. Namun, ia ditolak karena saat itu ia baru berusia 14 tahun dan terlalu muda untuk mendapat kualifikasi.

Akan tetapi, Rabu (14/10), ia sudah berusia 18 tahun dan menjadi orang dewasa. Ia sekarang siap mengajukan permohonan lagi. "Sekarang ia telah berusia 18 tahun. Kami akan mengajukan dokumen yang diperlukan kepada para pejabat Guinness," kata ayah Thapa, Rup Bahadur Thapa Magar.

"Saya ingin dia memiliki masa depan yang baik. Saya ingin dia terpelajar dan menjalani hidup yang mandiri," kata ayahnya.

"Ketika ia dilahirkan, ia sangat kecil sehingga dapat ditaruh di telapak tangan Anda. Namun, saya bangga menjadi ayahnya. Ia telah membawa ketenaran, tidak hanya buat dirinya, tapi juga negaranya," kata ayahnya.

Menurut satu situs jejaring yang dibuat oleh pendukungnya, Thapa hanya memiliki berat 600 gram saat dilahirkan, dan hobinya meliputi "bermain batu kerikil" dan "berdoa pada sang Buddha".

Saat ini, rekor dunia buat orang paling pendek yang hidup di dunia dipegang oleh He Pinging dari China, dengan tinggi hanya 73 cm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com