Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Berduka Cita, AS Bantu Korban Gempa

Kompas.com - 02/10/2009, 13:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Pemerintah AS telah menyalurkan bantuan dana sebesar 300.000 dollar AS kepada Indonesia untuk mendukung proses penanggulangan bencana menyusul terjadinya gempa bumi berkekuatan 7,6 skala Richter yang menimpa Provinsi Sumatera Barat pada Rabu (30/9).

Dana bantuan awal itu, menurut siaran pers Kedubes AS, di Jakarta, Jumat (2/10), akan digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan darurat yang paling mendesak, terutama dalam mendistribusikan bahan-bahan bantuan nonpangan.

Selanjutnya, dana sebesar 3 juta dollar AS juga telah dipersiapkan untuk kegiatan bantuan lanjutan, setelah seluruh kebutuhan bantuan dipastikan.

Sementara itu, Pemerintah AS juga mengirimkan Tim Bantuan Tanggap Darurat atau Disaster Assistance Response Team (DART) untuk bekerja sama dengan pemerintah Indonesia. Bantuan ini akan mendukung usaha-usaha Pemerintah Indonesia dan merupakan tanggapan terhadap pernyataan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono bahwa Indonesia akan menerima bantuan dari negara-negara sahabat dalam penanggulangan bencana ini.

Kedutaan Besar AS telah mengirimkan sebuah tim pendahulu dari Jakarta untuk memantau tingkat kerusakan dan kondisi warga AS yang berada di wilayah Padang.

Presiden AS Barack Obama, saat menyampaikan ungkapan belasungkawa atas korban di Sumatera Barat, di Washington, juga mengatakan bahwa, "Amerika Serikat selalu siap untuk membantu Indonesia pada masa sulit seperti ini."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com