Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Mematikan Ketsana di Filipina dan Vietnam

Kompas.com - 30/09/2009, 10:48 WIB

KOMPAS.com —Badai tropis Ketsana menimbulkan bencana banjir terburuk dalam 4 dasawarsa di salah satu negara Asia Tenggara, Filipina. Aliran banjir mengejar korbannya hingga ke atap-atap rumah hingga sejumlah penduduk terpaksa mengungsi di beberapa pusat pemulihan bencana.  

Badai yang berlangsung Sabtu pekan lalu di Manila itu telah mengakibatkan turunnya hujan selama 12 jam. Dampak bencana banjir terburuk terdapat di sekitar Sungai Pasig yang membelah wilayah Manila dan melintas di sekitar wilayah perumahan mewah dan kumuh.

Terhitung hingga Selasa (29/9), jumlah korban meninggal dunia mencapai 246 jiwa akibat air yang menggenangi wilayah perumahan dari hampir 2 juta penduduk di Filipina. Badai Ketsana juga menerjang wilayah Asia Tenggara lainnya, Vietnam.

Bencana banjir besar dalam beberapa dasawarsa  dikhawatirkan terjadi di beberapa provinsi Vietnam, Rabu (20/9) malam, setelah badai itu bergerak dari Filipina menuju negara ini. Sekitar 33 orang meninggal dunia akibat bencana banjir dan longsor di 7 provinsi bagian tengah dan pesisir Vietnam.

Laporan media setempat menyebutkan, perkiraan genangan air sungai pada Rabu malam di beberapa provinsi Quang Nam dapat mencapai ketinggian yang terakhir kali terlihat pada 1964. Sekitar 170.000 penduduk telah dievakuasi sebelum datangnya badai. Ribuan rumah telah tergenang air dan di beberapa wilayah genangan air mencapai 1 meter. (AP/Reuters)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com