Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Setelah 30 Jam Berada di Sarang Hiu

Kompas.com - 09/09/2009, 01:09 WIB

KOMPAS.com — Ini merupakan momen penuh keajaiban saat seorang ibu rumah tangga dari Filipina berhasil ditarik dari perairan yang dihuni sejumlah ikan hiu. Ibu tersebut berhasil ditarik dari laut 30 jam setelah feri seberat 7.269 ton yang ditumpanginya terbalik dan tenggelam.

Lita Casumlum (39) ditemukan terapung mengenakan jaket pelampung sekitar 13 kilometer dari posisi tenggelamnya Superferry 9, Minggu (31/8). Sebanyak sembilan orang meninggal dan satu orang belum diketahui nasibnya. Feri itu mengangkut lebih dari 1.000 orang.
 
Laksamana Pertama Alex Pama yang membantu mengawasi upaya penyelamatan menyebut peristiwa ini sebagai sebuah keajaiban. "Ia terapung di lautan luas dalam waktu lama tanpa makanan dan minuman," kata Pama.

Walaupun dalam kondisi lemah dan mengidap nyeri tenggorokan, Casumlum tetap bersemangat dan bahkan masih dapat bercanda dengan wartawan di sebuah rumah sakit militer di Kota Zamboanga selatan.

Kepada wartawan, Casumlum mengaku telah kehilangan uangnya di laut, tetapi menemukan 2 kepiting kecil di sakunya setelah berhasil diselamatkan. "Saya hanya berdoa (saat berada di hamparan lautan luas). Yang ada di pikiran adalah keluarga saya," ujarnya.

Upaya pencarian seorang penumpang yang masih belum diketahui nasibnya dilaksanakan secara besar-besaran, baik melalui darat maupun udara. Kepala pengawal pantai Laksamana Pertama Wilfredo Tamayo menjelaskan, investigasi akan dimulai pekan ini untuk mencari penyebab tenggelamnya feri tersebut di lepas pantai selatan Provinsi Zamboanga del Norte.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com