Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaji di Jakarta Seperlima Belas dari Zurich

Kompas.com - 21/08/2009, 06:08 WIB

KOMPAS.com — Berapa jam seseorang harus bekerja untuk dapat membeli sebuah iPod nano berkapasitas 8 giga?

Kajian mengenai harga dan pendapatan yang dilakukan oleh firma keuangan UBS menyebutkan bahwa pekerja rata-rata di New York dan Zurich hanya butuh bekerja sembilan jam untuk dapat memiliki iPod.

Sebaliknya, pekerja di Mumbai, India, harus bekerja jauh lebih panjang, hingga mencapai 20 hari kerja, banting tulang, peras keringat agar dapat membeli barang yang sama. Sebuah iPod setara dengan satu bulan gaji pekerja di Mumbai.

Gambaran tersebut digunakan untuk memberikan ilustrasi seberapa besar daya beli gaji yang diterima untuk membeli sekumpulan barang atau jasa yang berkualitas sama di sejumlah tempat. Selain itu, dihitung pula berapa jam kerja yang diperlukan seorang pekerja untuk dapat membeli barang tersebut.

Kajian mengenai harga dan gaji dari UBS tersebut mendapatkan bahwa pekerja harus bekerja rata-rata 37 menit untuk menghasilkan uang untuk membeli sebuah Big Mac, burger besar keluaran restoran cepat saji McDonald’s yang terdapat di mana-mana.

Pekerja di Amerika Utara, Tokyo, dan Eropa Barat hanya perlu waktu bekerja antara 12 dan 20 menit untuk sepotong Big Mac. Sebaliknya, di Nairobi, seseorang harus bekerja 2,5 jam untuk sepotong Big Mac.

Selain itu, pekerja rata-rata harus bekerja selama 22 menit untuk dapat membeli sekilo daging, 25 menit untuk sekilo roti.

Semakin panjang jam kerja yang diperlukan, menandai semakin rendah daya beli dari gaji mereka, seperti yang digambarkan oleh pekerja di Mumbai dan Nairobi itu.

Data-data yang diambil dalam kajian UBS ini berasal dari 73 kota di seluruh dunia antara bulan Maret dan April lalu. Kajian itu memberikan hubungan biaya yang dikeluarkan serta gaji yang diterima para pegawai di 73 kota tersebut.

Harga

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com