Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timah Itu Sudah Racuni Lebih dari 600 Anak

Kompas.com - 14/08/2009, 12:48 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Di dua desa Provinsi Shaanxi, China bagian utara, timah sudah meracuni lebih dari 600 anak, dalam minggu ini. Biang keladinya, peleburan bijih timah milik perusahaan Dongling Lead and Zinc Smelting Co. "Anak-anak itu menderita sakit karena pencemaran timah di tanah, udara, dan air," tulis kantor berita Xinhua, Kamis (13/8).

Menurut uji coba kesehatan pihak berwenang, 80 persen dari 731 anak tinggal tak jauh dari peleburan tersebut. Sejak Juli, mereka acap diantar keluarganya berobat ke rumah sakit dan klinik terdekat. Keluhannnya bisa bermacam-macam mulai dari sakit kepala dan sebagainya.

Seperti banyak orang mafhum, dampak pencemaran timah pada manusia, lama-kelamaan bisa merusak sistem reproduksi, mengakibatkan tekanan darah tinggi, kurang darah, kehilangan daya ingat, dan ektremnya membawa kematian.

Sementara itu, pejabat berwenang setempat yang tak mau disebut nama mengatakan pihaknya memang berencana merelokasi 581 keluarga yang tinggal amat dekat dengan peleburan itu, sekitar 500 meter jaraknya. Secara bertahap, kebijakan itu dilaksanakan dalam dua tahun ke depan. "Kami juga tengah melakukan penyelidikan terhadap dugaan pencemaran itu," demikian pejabat tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com