Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Terkejut, Berharap RI Kendalikan Situasi

Kompas.com - 17/07/2009, 13:21 WIB

JUMAT, KOMPAS.com — Pemerintah Jepang terkejut begitu mendapat laporan terjadinya peristiwa pengeboman di kawasan Mega Kuningan, Jakarta.

Mereka berharap, aparat keamanan Indonesia bisa mengendalikan situasi keamanan ibu kota secepatnya yang telah menewaskan sedikitnya sembilan orang dan 41 lainnya luka-luka.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Jepang, Yasuhisa Kawamura, kepada ANTARA News di Tokyo, Jumat (17/7), mengatakan, hingga kini pihaknya masih mengumpulkan berbagai keterangan yang terkait dengan peristiwa pengeboman, termasuk kemungkinan warga Jepang yang menjadi korban.

"Kami berharap, Indonesia dapat mengendalikan situasinya dan kami percaya Jakarta mampu," kata Deputy Press Secretary itu. Ia juga berharap, aparat keamanan mampu memelihara keamanan terus menerus termasuk menjaga keselamatan rakyat banyak.

Menyinggung soal kemungkinan peristiwa pengeboman terkait dengan situasi politik pilpres yang baru saja usai, Kawamura menolak untuk berkomentar. Pihaknya hanya ingin berbicara dari sisi peristiwa saja. "Yang jelas kami turut prihatin dengan terjadinya pengeboman dan menelan sejumlah korban," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com