Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hillary: AS Serius Awasi Kerusuhan di Xinjiang

Kompas.com - 08/07/2009, 09:39 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri AS Rodham Clinton mendesak pengekangan diri dari berbagai pihak dalam kerusuhan di China bagian barat. Dalam keterangannya ke beberapa wartawan di Washington, Hillary menyampaikan keprihatinan mendalam atas memburuknya aksi kekerasan etnik di wilayah Xinjiang yang terkenal kaya akan hasil alam minyaknya di China.

Hillary menjelaskan, AS sedang mencoba mencari solusi bagi kegentingan situasi di Xinjiang. Hillary menekankan, untuk sementara waktu hal yang perlu segera dituntaskan adalah mengakhiri aksi kekerasan.

Warga etnik mayoritas Han yang bersenjatakan pipa besi, pisau pemotong daging serta tongkat melancarkan serangan balasan untuk merespons kerusuhan yang dikobarkan warga etnik Uighur yang menewaskan 156 orang pada Minggu (5/7). Kemarahan warga Uighur itu dipicu oleh kematian beberapa pekerja yang tewas dalam pertikaian di kota Shaoguan, China bagian selatan.

Aksi kekerasan terbaru di ibu kota Xinjiang, Urumqi, berkobar pada Selasa, hanya beberapa jam setelah pejabat pemerintah setempat menjelaskan ke wartawan bahwa kondisi keamanan di jalan-jalan Urumqi kembali stabil menyusul kerusuhan Minggu.

Kembali meledaknya kerusuhan mengakibatkan Presiden Hu Jintao mempersingkat kunjungan ke KTT G-8 di Italia, Rabu (8/7). Hu Jintao segera bertolak kembali ke China untuk mencari solusi bagi aksi kekerasan terbaru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com