Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Jacko Kukuhkan Kehebatan TMZ.com

Kompas.com - 29/06/2009, 02:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kematian Michael Jackson telah menjadi berita terbesar yang pertama kali disebarluaskan TMZ.com, situs berita selebritis yang dipimpin pengacara sekaligus mantan reporter KCBS-TV Channel 2', Harvey Levin.

Situs web berusia empat tahun itu akhir pekan lalu menyebarluaskan berita terbesar mengenai kematian Michael Jackson.

Berita itu mereka tindak lanjuti dengan laporan gosip mengenai Jackson yang diduga sering mengonsumsi obat-obatan, rekaman suara percakapan layanan darurat 911, dan dugaan perebutan hak asuh anak sang megabintang pop.

TMZ menambah daftar prestasinya sebagai penyebar pertama berita-berita besar Hollywood, setelah omelan anti-Semit Mel Gibson pada 2006, rekaman kata-kata kasar Alec Baldwin pada 2007 kepada anak perempuannya yang berusia 11 tahun, dan rekaman caci maki Christian Bale saat pembuatan film Terminator Salvation.

Namun, kesuksesan itu tidaklah tanpa ganjalan. Alec Baldwin yang geram karena rekaman suaranya tersebar menyebut Levin, si bos TMZ itu, dengan sebutan "tumor manusia". Reputasi mendapatkan berita pertama mengenai selebriti-selebriti besar telah menjadikan TMZ.com sebagai sensasi online menurut layanan peringkat web, Quantcast.com.

"TMZ telah menjadi kantor berita untuk bisnis hiburan," kata Jim Paratore, eksekutif Warner Bros yang bermitra dengan Levin untuk meluncurkan situs web tersebut tahun 2005. Dua tahun kemudian, mereka juga meluncurkan versi acara televisi TMZ.

Di sisi lain, taktik pemberitaan ala tabloid dari TMZ telah membuat banyak penerbit dan pejabat pemerintah gerah. Menurut koran LA Times, saluran berita CNN enggan mengutip TMZ saat berita kematian Jackson merebak. Beberapa pengiklan masih ragu-ragu memasang  produk mereka di situs dan acara televisi TMZ.

Situs web itu telah berhasil menciptakan kontroversi, tetapi belum cukup bagus dalam menghasilkan pemasukan bagi perusahaan induknya, Time Warner. Dalam beberapa hal, pemberitaan TMZ mengenai Michael Jackson dipandang sebagai kemenangan media baru melawan media lama. LA Observed memuji pemberitaan itu dengan kalimat "nilai-nilai yang paling tinggi menurut media lama".

Rating untuk acara televisinya pun menunjukkan peningkatan, khususnya pada penonton berumur 18-34 tahun yang dikenal sebagai kelompok pemirsa sulit dijangkau. TMZ dibentuk bersama oleh AOL dan Telepictures, keduanya adalah divisi dari Time Warner, yang juga menerbitkan majalah Time, Sports Illustrated, Entertainment Weekly, dan lain-lain.

Biaya operasional TMZ terbilang kecil untuk hitungan industri media AS, yaitu tidak sampai 8 juta dollar (sekitar Rp 80 miliar). Masalahnya, situs web ataupun acara televisi TMZ hingga kini belum banyak menghasilkan pemasukan dan masih dibiayai perusahaan induknya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com