Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirundung Kekesalan, Keluarga Jacko Ajukan Otopsi Terpisah

Kompas.com - 28/06/2009, 08:04 WIB

KOMPAS.com — Keluarga Michael Jackson kemungkinan akan mengupayakan otopsi independen untuk mengungkap kematian megabintang ini. Pihak keluarga Jacko berkumpul di kediaman mereka untuk membicarakan upaya itu di wilayah pinggiran Los Angeles utara, Encino.

Tokoh kulit hitam AS, Jesse Jackson, menerangkan, keluarga Jacko merasa frustasi dan kesal dengan sejumlah pertanyaan seputar kematian "King of Pop" itu. Pendeta yang juga aktif sebagai politisi ini telah memberikan konseling terhadap keluarga Jacko.

Kepolisian Los Angeles telah menyatakan keinginan mengorek keterangan dari dokter pribadi Jacko, Conrad Murray, yang berada di kediaman Jacko saat megabintang ini meninggal dunia.

Jesse Jackson menerangkan, keluarga Jacko bertanya-tanya seputar kematian megabintang itu. Menurut Jesse, pertanyaan yang diajukan di antaranya, "Kapan dokter itu datang? Apa yang dilakukannya? Apakah Jacko disuntik, jika iya, dengan apa?"

"Kematian Jacko menimbulkan sejumlah pertanyaan yang tidak akan berlalu begitu saja apabila belum terjawab," ujarnya. "Mereka (keluarga Jacko) mencurigai dokter ini dan mereka wajar bersikap demikian karena dokter seharusnya memberikan keterangan dengan berkata seperti, 'Inilah yang terjadi pada saat kematian menjemput Jacko dan saya berada bersamanya. Saya memberikannya obat'," lanjutnya.

Saat ditanya wartawan apakah keluarga Jacko akan mengupayakan sendiri otopsi, Jesse Jackson menjawab, "Saya yakin mereka seharusnya bertindak demikian. Mereka mungkin akan melakukannya."

Brian Elias dari  Los Angeles County Department of Coroner menyatakan, "Setahu saya mereka telah mengajukan otopsi kedua. Namun, kami tidak pada posisi untuk memberikan kepastian tentang hal itu."

"Jenazah Jacko disemayamkan di sebuah rumah jenazah dan apabila pihak keluarga ingin mengajukan otopsi kedua, itu terserah mereka," lanjut Elias.

Pihak koroner menyatakan belum dapat menyimpulkan hasil otopsi awal Jacko dan hasil akhir untuk mengungkap tabir kematian itu tidak akan diketahui sampai sejumlah uji toksilogi rampung dilaksanakan dalam waktu enam hingga delapan pekan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com