Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Usir Wartawan BBC

Kompas.com - 22/06/2009, 02:20 WIB

TEHERAN,KOMPAS.com-Iran mengusir wartawan BBC di Teheran karena liputan stasiun penyiaran itu mengenai pemilu presiden bulan ini.

Sebuah kantor berita setengah-resmi mengatakan, Jon Leyne harus angkat kaki dalam tempo 24 jam.

BBC mengonfirmasi Leyne, koresponden tetapnya di Teheran, telah diminta untuk pergi, dan menambahkan "kantor BBC tetap buka".

Seorang pejabat di Kementerian Kebudayaan dan Bimbingan Islam, yang berurusan dengan media asing, mengatakan Leyne telah diberitahu mengenai keputusan pengusiran itu. Pejabat itu tidak memberikan keterangan terperinci, tapi radio negara menyebut "pemutarbalikan berita mengenai Republik Islam Iran dan terutama sekali berita yang menyinggung pemilu". BBC sebaliknya menuduh pemerintah Iran turut campur tangan dengan siarannya.

Kantor berita setengah-resmi FARC, yang mengatakan Leyne harus pergi dalam 24 jam, juga mengatakan Leyne dituduh "mengirim berita dan laporan yang dikarang-karang" serta "mengabaikan netralitas dalam berita". Ia juga dituduh "membantu para perusuh dan menginjak-injak hak-hak negara Iran", kata FARC.

Pada Jumat, BBC mengatakan, pihaknya telah menambah jumlah satelit untuk pelayanan televisi berbahasa Iran-nya setelah "campur tangan gigih" pada sinyal dari dalam Iran. "Operator satelit telah melacak campur tangan itu dan mengonfirmasi hal itu datang dari dalam Iran. Campur tangan itu bertentangan dengan semua perjanjian internasional untuk pemakaian satelit di mana Iran adalah satu peserta penandatangannya," BBC mengatakan dalam satu pernyataan.

Para pejabat Iran sepekan terakhir menuduh media asing telah memainkan peran dalam kekacauan yang mengguncang Iran sejak pemilu yang disengketakan.  Selasa lalu, Iran membatasi media asing dalam memberitakan, memfilmkan atau memfoto di Teheran.

Leyne adalah seorang wartawan berpengalaman. Ia di Washington pada 11 September 2001, kurang dari satu mil dari Pentagon ketika Pentagon diserang. Demikian menurut profil di internet BBC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com