Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Prihatin Jutaan Orang Kelaparan

Kompas.com - 15/06/2009, 04:25 WIB

VATIKAN, KOMPAS.com — Paus Benediktus XVI mengimbau konferensi PBB mendatang mengenai krisis ekonomi dunia untuk membahas bagaimana menjamin semua penduduk dunia cukup makan dan hidup layak, Minggu (14/6).

Ketika memberi khotbahnya dalam doa angelus di Lapangan St Peter, Paus mencela fakta yang sama sekali tidak bisa diterima bahwa jutaan orang menderita karena kelaparan.

"Untuk itu, saya berharap bahwa pada konferensi PBB mendatang, seluruh masyarakat internasional mengambil semua langkah dan keputusan strategis yang kadang sulit diambil, tetapi perlu dilakukan, untuk menjadi bahwa semua orang, sekarang dan esok, memperoleh makanan pokok yang diperlukan manusia untuk hidup bermartabat."

Konferensi tiga hari PBB mengenai krisis keuangan dan ekonomi dunia serta dampaknya terhadap pembangunan akan diselenggarakan di Markas Besar PBB di New York antara 24 dan 25 Juni.

Paus Benediktus meminta semangat pertanggungjawaban dan solidaritas dari para peserta konferensi sehingga krisis yang tengah terjadi sekarang menjadi satu kesempatan untuk menciptakan pertahanan lebih baik bagi martabat manusia dan distribusi kekuasaan dan sumber daya yang lebih adil, terutama dalam hubungannya dengan meningkatnya jumlah penduduk miskin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com