Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembantai 7.500 Muslim Itu di Daerah Ski

Kompas.com - 12/06/2009, 08:22 WIB

SARAJEVO, KOMPAS.com — Stasiun TV Bosnia-Herzegovina menayangkan gambar penjahat perang Ratko Mladic yang masih jadi buronan.

Gambar-gambar tersebut diduga foto terbaru Mladic di daerah ski. Namun Pemerintah Serbia menyatakan, foto-foto tersebut adalah foto lama.

Mladic adalah mantan kepala tentara Bosnia-Serbia yang berhasil melarikan diri dari tribunal Yugoslavia sejak 1955. Mahkamah Internasional Den Haag ingin menyeretnya ke pengadilan, salah satunya karena genosida di daerah muslim Srebrenica.

Orang kepercayaan Mladic, Radovan Karadzic, ditangkap tahun lalu di Belgrado, di mana ia hidup dengan nama dan identitas palsu selama bertahun-tahun.

Mladic (66) ialah pemimpin tentara Serbia Bosnia selama Perang Bosnia. Bersama dengan Radovan Karadzic, ia melancarkan gerakan pembersihan etnis Kroasia dan Muslim di Bosnia dan merupakan salah satu tersangka yang paling diburu atas konflik Bosnia. Ia didakwa oleh pengadilan PBB atas genosida dan kejahatan lain terhadap kemanusiaan—termasuk pembantaian setidaknya 7.500 lelaki dan anak-anak Muslim di kota Srebrenica pada tahun 1995.

Setelah tinggal dengan aman di Beograd selama beberapa waktu, Mladic lenyap dari pandangan saat mantan Presiden Yugoslavia Slobodan Milosevic ditangkap pada tahun 2001.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com