Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ben Rhodes, Sang Penulis Pidato Obama

Kompas.com - 10/06/2009, 13:23 WIB

Oleh: Dwiki Setiyawan*

KOMPAS.com - Tatkala menyimak pidato Presiden Barack Obama di Universitas Kairo Mesir pada 4 Juni 2009 lalu, terbersit keingintahuan saya untuk mengenal “orang hebat” di balik pidato tersebut. Pastinya dia orang penting dan berpengaruh. Lebih daripada itu wawasannya luas. Lantaran ia paham soal-soal yang mencakup politik, filsafat, agama, kebudayaan, psikologi, ekonomi hingga sejarah.

Sinyal mengenai dirinya sudah saya dapat semenjak adanya konferensi pers tim penulis pidato kebijakan luar negeri Presiden Barack Obama di Riyadh Saudi Arabia tanggal 3 Juni lalu, atau satu hari menjelang pidato yang bersejarah dan monumental itu.

Dalam konferensi pers tersebut, sang juru bicara mengatakan bahwa Barack Obama akan menyampaikan pidato penting di Kairo mengenai “Permulaan yang Baru” hubungan Amerika Serikat dengan Dunia Muslim.

Si Jubir itu namanya Ben Rhodes. Dia, tak lain dan tak bukan adalah konseptor pidato Barack Obama di Kairo. Jabatan resmi yang kini disandangnya, mengetuai tim penulis pidato kebijakan luar negeri Gedung Putih (The White House).

Benjamin Rhodes nama lengkapnya. Usia masih terbilang muda. Baru menginjak 31 tahun. Ia lulusan Universitas New York (NYU). Menatap wajah dari fotonya saja, siapapun orangnya pasti sepakat dengan saya bahwa ia tampan. Lebih takjub lagi, tatkala saya mengintip karya-karya tulisnya yang berbobot di blog PSA Online seputar masalah politik internasional.

Ia antara lain menulis tentang: The Politics of Distraction, Conspiracy Theories, The Rhetoric of World War, What Ever Happened to Stetesless Terrorism, Intervention and U.S Politics, What do Americans Think?, Why Can’t We Look Ahead, A Time for Partisanship or Bipartisanship, Islamofascist dan sebagainya (Pembaca yang tertarik menelaah lebih lanjut isi tulisan Ben Rhodes dimaksud silakan klik tautan ini)

Pantaslah ia kini mengetuai tim penulis pidato kebijakan luar negeri Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Anggota tim lainnya yang merupakan “Obama’s Inner Circle”, yakni Gregory Craig, Richard Danzig, Scott Gration, Anthony Lake, Denis McDonough, Samantha Power, Susan Rice dan Daniel Shapiro. (Agar pembaca mengenal “Obama’s Inner Circle” silakan klik tulisan Eli Lake “Obama’s Brain Trust Taking Shape” di New York Sun pada 21 Februari 2009)

Rhodes sendiri adalah salah seorang tim penulis pidato Obama yang dikenal sebagai “elder statesman” bersama dengan Jon Favreau dan Adam Frankel. John Favreau termasyur sebagai penulis Pidato Pelantikan Presiden Barack Obama di Washington pada 20 Januari 2009.

Kutipan favorit Rhodes berasal dari John F. Kennedy, Presiden Amerika Serikat yang para pembantu utamanya orang-orang muda seperti dirinya: “Our Problem are man made; therefore, they can be solved by man.” (Masalah kami adalah buatan manusia; lantaran itu, masalahnya dapat dipecahkan oleh manusia)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com