Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penilaian Obama terhadap Peran D-Day dalam Sejarah

Kompas.com - 07/06/2009, 03:52 WIB

COLLEVILLE SUR MER, KOMPAS.com - Pasukan Sekutu yang berani pada D-Day mengubah alur sejarah abad 20. Penilaian itu disampaikan oleh Presiden AS Barack Obama, Sabtu (6/6), saat ia menghadiri acara peringatan yang menandai ulang tahun ke-65 peristiwa tersebut.
    
"Teman dan veteran, apa yang tak dapat kita lupakan -- apa yang tak boleh kita lupakan-- ialah D-Day adalah suatu waktu dan tempat keberanian dan sifat yang tak mementingkan diri sendiri segelintir orang mampu mengubah jalur seluruh abad ini," kata Obama di pemakaman perang Amerika di Colleville-sur-Mer yang menjorok di atas pantai Omaha.
    
"Dalam satu jam penuh bahaya, di tengah saat paling hitam, beberapa pria yang mengira mereka adalah orang biasa memiliki dorongan dari dalam diri mereka untuk melakukan perbuatan yang luar biasa," katanya.
    
Obama mengatakan pendaratan pasukan Inggris, Kanada dan Amerika di pantai Normandia telah mengubah gelombang Perang Dunia II guna membebaskan Eropa Barat dari cengkeraman Jerman Nazi. "Saat itu tak diketahui, tapi demikian banyak kemajuan yang akan menetapkan abad 20, di kedua sisi Atlantik, turun guna berperang di sekelumit pantai hanya enam mil panjangnya dan dua mil lebarnya," katanya.
    
"Tetapi, kemenangan di sini menjamin pijakan di Prancis. Itu membuka jalan menuju Berlin. Dan itu memungkinkan perolehan yang mengikuti pembebasan Eropa: Marshall Plan, persekutuan NATO, dan keamanan serta kemakmuran yang dibagi yang mengalir dari masing-masing wilayah."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com