Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Membangkang Terhadap AS

Kompas.com - 31/05/2009, 16:26 WIB

JERUSALEM,KOMPAS.com-Israel tidak akan menyetujui tuntutan Amerika Serikat (AS) untuk membekukan semua kegiatan permukiman di Tepi Barat. Demikian diungkapkan seorang menteri yang dekat dengan PM Benjamin Netanyahu, Minggu (31/5).

"Saya ingin mengatakan dengan tegas bahwa pemerintah Israel sekarang tidak akan menyetujui setiap cara bahwa kegiatan permukiman yang sah di Judea dan Samaria dibekukan," kata Menteri Transportasi Yisrael Katz, mengacu pada Tepi Barat. "Pemerintah akan mempertahankan kepentingan vital negara Israel," katanya kepada radio militer Israel.

Ini adalah reaksi pertama dari pejabat tinggi Israel terhadap imbauan Presiden AS Barack Obama, Kamis, dalam satu pertemuan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas agar Israel menghentikan aktivitas permukiman yang merupakan hambatan penting dalam perundingan perdamaian Timur Tengah.

Walaupun masyarakat internasional menganggap semua permukiman Israel adalah ilegal, Israel membedakan permukiman-permukiman yang diizinkan pemerintah dari apa yang disebut pos-pos garis depan yang liar yang dibangun oleh para pemukim.

Netanyahu mengatakan pemerintahnya akan membongkar pos-pos depan itu, tetapi menegaskan perluasan blok-blok permukiman yang ada akan diizinkan untuk dilanjutkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com