Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Nasabah Bakal Sambangi Bank Century

Kompas.com - 20/04/2009, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Para nasabah yang membeli produk reksadana keluaran PT Antaboga Deltasekuritas Indonesia lewat PT Bank Century Tbk semakin berani menuntut haknya. Rencananya, mulai hari ini (20/4) sekitar 1.000 nasabah yang tergabung dalam Forum Nasabah Bank Century akan mendatangi seluruh kantor cabang Bank Century secara serempak.

Niat mereka adalah untuk menagih pengembalian uang yang telah disetorkan ke Bank Century. Sebab, mereka mempunyai bukti bahwa produk reksadana yang dikeluarkan Antaboga juga merupakan produk Bank Century.

Berdasarkan hasil penelusuran, para nasabah menemukan bahwa kode bilyet yang menjadi bukti penerimaan pembayaran dari Antaboga sama dengan kode produk keluaran Bank Century, seperti deposito, giro, dan tabungan.

Koordinator Forum Nasabah Bank Century Z Siput Lokasari menjelaskan, kode referensi bilyet produk Antaboga di setiap daerah sama dengan produk Bank Century untuk daerah yang sama.

Di Yogyakarta, misalnya, referensi bilyet Antaboga itu selalu diberi nomor 1400, Makassar 3100, dan cabang Jenderal Sudirman Surabaya 1503. Begitu pula kode produk Bank Century. "Jadi, produk Antaboga itu juga produk Century," simpul Siput.

Selama ini, direksi baru Bank Century yang dipimpin Maryono mengaku, bank ini tak lagi menjual produk reksadana Antaboga sejak 2006. Jika setelah itu masih ada nasabah yang membeli lewat Bank Century, Maryono bilang, pihaknya tak mau mengembalikan duit nasabah, terutama yang telah macet pada Oktober 2008 silam.

Bank Century juga tak gentar menghadapi aksi nasabah. "Kami juga tidak bisa menghalangi nasabah asal tidak melanggar hukum," kata Maryono. (Diade Riva Nugrahani, Dian Pitaloka Saraswati, Lamgiat Siringoringo/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com