Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kilang Kelar, Angola Hentikan Impor Minyak

Kompas.com - 14/04/2009, 09:12 WIB

LUANDA, KOMPAS.com — Perusahaan minyak milik Pemerintah Angola merencanakan menghentikan mengimpor minyak mentah sulingan dalam dua tahun ke depan pada saat kilang-kilang barunya mulai beroperasi, media setempat melaporkan, Selasa (15/4).
    
Rencananya akan dibangun sebuah kilang kedua di kota pantai Lobito, tempat pekerjaan saat ini hampir final. Menurut harian Jornal de Angola, Sonangol berniat menghentikan impor bensin dan solar dalam dua tahun ke depan.

  
Meskipun bersaing dengan Nigeria menjadi produsen minyak terbesar Afrika, Angola secara ironis telah mengimpor 60 persen dari kebutuhan bensinnya karena kilang yang ada belum dapat mencukupi permintaan nasional.
    
Berbagai masalah logistik, seperti buruknya jalan dan padatnya arus lalu lintas di ibu kota Luanda itu, telah berdampak pada distribusi dan menjadikan kekurangan di pompa-pompa bensin.
    
Diperkirakan, kilang baru berbiaya delapan miliar dollar AS (enam miliar euro), dua kali estimasi resmi, tersebut akan dihubungkan dengan jalan-jalan baru dan fasilitas offloading untuk membantu mempercepat distribusi ke seluruh negara itu.
    
Menurut Sonangol, proyek tersebut akan dapat menciptakan 8.000 tenaga langsung dan tidak langsung selama periode konstruksi. Sementara, kilang tersebut akan mempekerjakan sekitar 800 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com