Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Pemrotes Kepung Lokasi KTT ASEAN

Kompas.com - 10/04/2009, 14:30 WIB

PATTAYA,KOMPAS.com — Ratusan pemrotes antipemerintah mengepung lokasi KTT ASEAN di Pattaya, Thailand, Jumat (10/4). Mereka mengancam menyerbu lokasi konferensi jika Perdana Menteri Thailand Abhisit Vejjajiva tidak mundur.

Berteriak "Abhisit mundur," ratusan pemrotes berkostum serba merah terlibat aksi saling dorong dengan polisi antihuru-hara di depan lokasi KTT yang terletak sekitar 140 kilometer tenggara Bangkok. Ratusan tentara juga disiapkan di lokasi kejadian. Sejuah ini belum ada laporan adanya tindak kekerasan.

Para pemrotes memblokir sebagian besar pintu masuk konferensi dan beberapa di antaranya mengatakan, mereka akan memasuki gedung jika Abhisit tidak lengser.

Para pemimpin aksi berorasi di atas truk menggunakan pengeras suara. Mereka mengatakan, Abhisit tidak berhak menggelar KTT yang diikuti 10 negara anggota ASEAN, China, Jepang, Korsel, India, Australia, dan Selandia Baru. "Kami akan secara damai memblokir wilayah ini dan lokasi pertemuan. Kami tidak ingin terjadi kekerasan," kata Arisman Pongreungrong, seorang pemimpin demo.

Deputi Perdana Menteri Suthep Thaugsuban menjamin para pemimpin negara peserta KTT aman dari gangguan demonstran. "Tidak akan terjadi apa-apa dengan para pemimpin (negara). Kami akan meyakinkan itu. Kami harus memastikan pertemuan dapat berlangsung," kata Suthep.

Abhisit tiba di Pattaya Exhibition and Convention Center dengan helikopter, Jumat. Para pemimpin negara lain dijadwalkan tiba pada Jumat atau Sabtu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com