Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bibi Obama Cuma Tinggal 10 Bulan Lagi

Kompas.com - 01/04/2009, 23:33 WIB

BOSTON, KOMPAS.com - Bibi Presiden Barack Obama yang berkewarganegaraan Kenya, Zeituni Onyango, pada Rabu (1/4) muncul di pengadilan imigrasi Amerika Serikat untuk mengajukan banding atas perintah deportasi yang dikenakan terhadapnya. Namun, Onyango sementara ini masih diperbolehkan tinggal di AS setidaknya selama 10 bulan.
    
Zeituni Onyango tidak memberikan komentar kepada para wartawan ketika ia meninggalkan pengadilan di Boston melalui pintu belakang setelah persidangan. Atas permintaan pengacara Onyango, persidangan itu sendiri tertutup untuk publik. Onyango, yang mengenakan jaket bulu imitasi serta kacamata hitam, dikawal oleh para petugas Pelayanan Perlidungan Federal.
    
Persidangan berikutnya dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 4 Februari 2010, kata Elaine Komis, juru bicara kantor eksekutif peninjauan imigrasi pada Departemen Kehakiman. "Pada saat itu ia bisa mengajukan permintaan dan pada umumnya keputusan akan dijatuhkan pada persidangan itu," kata Fatimah Mateen dari Departemen Kehakiman.
    
Onyango diperintahkan untuk dideportasi dari Amerika Serikat pada tahun 2004 namun ia tetap tinggal di Boston.
    
Pada Desember 2008, menyusul kemenangan Obama dalam pemilihan presiden, pengadilan memperbolehkan Onyango untuk membuka kembali kasusnya.
    
Obama, yang memiliki ayah berkewarganegaraan Kenya serta merupakan presiden kulit hitam AS pertama, mengatakan ia tidak pernah tahu bahwa bibinya itu tinggal di Amerika Serikat secara ilegal.
    
Keputusan untuk menempatkan petugas-petugas federal untuk mendampingi Onyango saat masuk dan keluar dari pengadilan melalui pintu-pintu khusus, menunjukkan adanya "beberapa kekhawatiran soal keamanan," kata Mateen.
    
Belum ada kejelasan mengenai siapa yang membayar biaya untuk tim pengacara Onyango.
    
Sejak ia diperintahkan untuk dideportasi pada 2004, Onyango tinggal di perumahan murah di Boston.
    
Bibi Obama itu datang ke pengadilan dengan penampilan dramatis, termasuk dengan mengenakan rambut palsu keriting berwarna merah dan emas, kacamata hitam, serta jaket semata kaki warna hitam dan baju bulu palsu. Ia berjalan memakai tongkat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com