Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Bakal Bangun Kapal Induk

Kompas.com - 06/03/2009, 13:26 WIB

BEIJING, JUMAT - China, yang peningkatan anggaran  pertahanannya  membuat kuatir Amerika Serikat dan negara-negara lain, memiliki kemampuan untuk membangun kapal induk dan akan segera melaksanakannya, kata surat kabar  China Daily  , Jumat (6/3) mengutip pernyataan para pejabat militer.
    
Para pejabat militer China  telah melobi pemerintah pusat selama bertahun-tahun untuk membangun sebuah kapal induk, yang akan memungkinkan  pasukan angkatan laut membangun kekuatan udara lepas pantai, tetapi jarang mengeluarkan pernyataan publik tentang niat-niat mereka. "Membangun kapal induk adalah satu simbol sebuah negara penting. Itu sangat diperlukan," kata Laksamana Hu Yanlin  yang dikutip surat kabar itu.
     
Media Hongkong memberitakan kapal induk pertama itu mungkin akan dibangun pada 2010. "China punya kemampuan untuk membangun kapal induk dan harus melakukan itu," tambahnya.
       
Anggaran militer China yang meningkat memicu kekuatiran di AS dan negara-negara lain, terutama Jepang dan Taiwan, yang China klaim sebagai wilayahnya dan berikrar akan memasukkannya dalam kekuasaan China jika perlu dengan kekuatan militer.
       
China, Rabu mengatakan anggaran militernya untuk 2009 akan meningkat 14,9 persen pada tahun lalu, mempertahankan kenaikan itu sebagai satu tindakan yang sedang dan tidak mengancam, untuk meningkatkan peralatan dan melindungi stabilitas sosial.
       
China telah memperluas pengalaman militernya  di luar perbatasan dengan menyumbang  pada pasukan pemeliharaan perdamaian , ikut serta dalam pelatihan gabungan dan paling terakhir  mengirim kapal -kapal angkatan laut untuk mematroli lepas pantai Somalia  yang dilanda aksi perompakan. Dam sejumlah pengeluaran ekstra mungkin akan digunakan untuk memodernisasi angkatan laut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com