Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suntik Urine Bukan Datangkan Kecantikan, tetapi Kematian

Kompas.com - 12/02/2009, 07:52 WIB

Terapi meminum atau menggosok urine ke wajah diyakini bisa membuat penampilan lebih segar dan menyembuhkan berbagai penyakit. Namun, bagaimana kalau urine disuntikkan? Apakah juga berkhasiat?

Jaksa penuntut di La Paz, Bolivia, Oscar Flores, Selasa (10/2), mngemukakan, mereka mengusut desainer Monica Schultz karena telah menyebabkan kematian Gabriela Ascarrunz (35). Schultz dituduh menyuntikkan urine ke tubuh Ascarrunz guna mempercantik perempuan ini.

Usulan suntik urine ini juga atas suruhan pacar Ascarrunz. Schultz dikenal sebagai pelaku terapi urine yang diyakini bisa menyembuhkan penyakit. Selain meminumnya, pelaku terapi urine ada yang menyuntik atau menggosok urine di kulit wajah.

Padahal, para ahli mengatakan tak ada bukti soal efektivitas urine. Bahkan, zat kimia yang dikandung urine berpotensi racun.

Schultz yang warga AS ini mengaku tidak melakukan kesalahan seperti yang dituduhkan. Jaksa sejauh ini juga belum tau urine siapa yang disuntikkan ke tubuh Ascarrunz.

Juga tak jelas apakah perempuan yang juga dokter hewan ini menjalani terapi urine. Ascarrunz meninggal dunia hari Sabtu di klinik Incor, Provinsi Santa Cruz, Bolivia timur, setelah kritis sejak hari Kamis.

Dia disuntik urine dua hari sebelumnya. ”Ayah korban yakin Schultz menyuntik urine itu,” ujar Flores.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com