Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senat Loloskan Paket Stimulus Obama

Kompas.com - 11/02/2009, 08:18 WIB

WASHINGTON, RABU - Senat telah meloloskan paket pemulihan ekonomi Presiden AS Barack Obama. Paket pemulihan tersebut saat ini selanjutnya berada dalam tahap pertimbangan kesepakatan yang tengah ditempuh lewat negosiasi alot antara Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS.  

Hanya 3 anggota Senat Republik yang meloloskan paket pemulihan ekonomi Obama dengan perbandingan suara 61-37. Hasil voting menunjukkan terdapat kelebihan satu suara dukungan dari 60 suara yang diperlukan di kalangan Senat untuk meloloskan paket stimulus ekonomi Obama.

Rancangan undang-undang paket stimulus ekonomi yang didukung oleh Gedung Putih berhasil diloloskan oleh Senat meskipun terdengar keras suara oposisi Republik. Anggota parlemen terkemuka Demokrat telah berjanji untuk mengupayakan RUU tersebut disahkan oleh Obama sebagai undang-undang dalam beberapa hari mendatang.

Obama ingin memulihkan pemotongan anggaran untuk konstruksi prasarana sekolah dan negara-negara bagian yang terlilit masalah anggaran. Perbedaan pendapat dalam pemotongan anggaran itu menjadi perdebatan alot di antara kalangan DPR AS yang menyetujui paket itu senilai 819 miliar dollar AS dan Senat yang menyetujuinya senilai 838 miliar dollar AS. 

Obama telah memperingatkan krisis ekonomi AS semakin memburuk apabila Kongres gagal mencapai kesepakatan untuk meloloskan paket stimulusnya. Obama menginginkan agar paket stimulus itu dapat disahkan menjadi undang-undang akhir pekan ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com