Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Selesaikan Sengketa Wilayah dengan Rusia

Kompas.com - 08/02/2009, 04:04 WIB

TOKYO, SABTU — Perdana Menteri Jepang Taro Aso, Sabtu (7/2), mengatakan bahwa dia akan berupaya mencari penyelesaian atas sengketa wilayah yang telah lama terkatung dengan Rusia menjelang kemungkinan pertemuan puncak dengan Presiden Rusia Dmitry Medvedev pada akhir bulan ini.
  
"Saya akan berunding (dengan Rusia) dengan keinginan kuat untuk membuat kemajuan dan menyelesaikan masalah wilayah itu," kata Aso pada konvensi tahunan pendukung pemerintah yang menuntut kembalinya kepulauan di lepas pantai utara Jepang.
  
Jepang menuntut kembalinya empat kepulauan—yang disebut sebagai kepulauan Kuril selatan oleh Rusia dan Wilayah Utara oleh Jepang—yang dikuasai pasukan Soviet beberapa hari setelah Tokyo menyerah pada Perang Dunia II, 1945.
  
Kedua negara tidak pernah menandatangani perjanjian perdamaian secara resmi untuk mengakhiri perang sehingga meninggalkan sengketa itu.
  
Aso mengatakan, presiden Rusia telah menyatakan keinginan kuatnya untuk memecahkan masalah wilayah tersebut. "Saya ingin memecahkan masalah empat kepulauan itu dan menandatangani perjanjian damai," katanya pada Hari Wilayah Jepang Utara yang memperingati ulang tahun perjanjian 1855 yang menyatakan Rusia mengakui kepulauan itu sebagai milik Jepang.
  
Medvedev telah mengundang Aso untuk meluncurkan pembukaan proyek Sakhalin-II yang akan mengekspor gas ke Jepang dan juga mengusulkan temu puncak di Sakhalin, pulau Rusia yang paling dekat dengan kepulauan yang disengketakan itu.
  
Meskipun belum dikonfirmasikan, hal itu akan menjadi tonggak kunjungan pertama ke pulau itu oleh seorang pemimpin Jepang sejak Perang Dunia II.
  
Rusia menyerahkan separuh dari Sakhalin kepada Jepang setelah perang mereka pada 1905 yang menandai menyatunya bangsa-bangsa Asia menjadi kekuatan global. Rusia menguasai kembali seluruh pulau itu pada 1945.
  
Sementara itu, Jepang menerima penguasaan Rusia atas Sakhalin, pihaknya menuntut dikembalikannya empat pulau kecil di lepas pantai pulau Jepang utara, Hokkaido.
  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com