Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Bertemu Keluarga Korban 9/11 dan USS Cole

Kompas.com - 07/02/2009, 06:26 WIB

WASHINGTON, KAMIS — Presiden Barack Obama bertemu dengan keluarga dari korban serangan terorisme 11 September 2001 dan 17 pelaut yang terbunuh pada saat pengeboman USS Cole, Jumat (6/2) sore.

Hal itu dilakukan setelah seorang pejabat senior Pentagon membatalkan tuduhan terhadap seorang anggota Al Qaeda yang terkait pengeboman Cole.

Langkah itu dilakukan pada Kamis (5/2) oleh Susan J Crawford, pengacara untuk pengadilan militer di Guantanamo. Dia mengikuti perintah Obama menghentikan proses pengadilan atas tersangka terorisme yang ditahan di Guantanamo, Abd al-Rahim al- Nashiri.

Keluarga marah

Perwakilan keluarga sangat marah dengan keputusan Obama. Mereka mengatakan telah menunggu terlalu lama untuk melihat para teroris itu diadili. Laksamana (Purnawirawan) Kirk S Lippold yang memimpin pasukan di Cole ketika dibom di Yaman tahun 2000 mengatakan akan berada di tengah keluarga korban serangan 11 September dan pengeboman Cole saat mereka bertemu Obama.

”Saya sangat kecewa dengan penghentian pengadilan ini,” ujar Lippold, kini penasihat bagi Persatuan Keluarga Militer. ”Kami telah menunggu delapan tahun. Keadilan yang tertunda adalah keadilan yang terabaikan,” lanjutnya.

Juru bicara Pentagon, Geoff Morrell, mengatakan, Crawford menarik tuduhan terhadap Al Nashiri. Akan tetapi, mungkin saja pada masa datang dia dapat dikenai tuduhan dan Al-Nashiri masih tetap dalam penjara hingga saat ini.

Gedung Putih kini juga mengkaji kasus hukum atas 245 tersangka teroris dan memutuskan apakah mereka akan dijatuhi hukuman di AS atau dilepaskan di negara lain. (AP/joe)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com