Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ratu Bom" Ditangkap

Kompas.com - 04/02/2009, 06:09 WIB

BAGHDAD, SELASA — Wanita Irak berusia 80 tahun ditangkap. Dia dicurigai merekrut 80 wanita menjadi pengebom bunuh diri. Wanita itu bernama Samira Ahmed Jassim atau ”Umm al-Mumineen”.

Dia memberi pengakuan soal tindakannya di Baghdad, Selasa (3/2). Dia menuturkan bagaimana membujuk para wanita agar bersedia menjadi pengebom bunuh diri, lalu membawa mereka ke sebuah lokasi pelatihan dan akhirnya menuntun mereka melakukan serangan terhadap sasaran yang sudah ditentukan.

Dia mengatakan bertindak mewakili kelompok pemberontak yang bermarkas di Provinsi Diyala di utara Baghdad.

Juru bicara militer, Mayjen Qassim al-Moussawi, mengatakan, wanita ini juga mengotaki aksi pengeboman di 28 lokasi berbeda. Penggunaan wanita sebagai pengebom bunuh diri untuk mengelabui pengawasan tentara AS. Wanita Irak sering lolos dari pemeriksaan tentara AS.

Jassim, yang nama panggilannya berarti ”ibu dari mereka yang yakin”, ditangkap pada 21 Januari. Ia terkait dengan kelompok pemberontak Ansar al-Sunnah. Aksi terakhirnya membujuk seorang nenek untuk menjadi pengebom bunuh diri. (REUTERS/AP/AFP/MON)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com