Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakistan Rampungkan Penyelidikan Serangan Mumbai

Kompas.com - 31/01/2009, 05:25 WIB

ISLAMABAD, SABTU — Pakistan telah menyelesaikan penyelidikan awal serangan di Mumbai yang menurut India dilakukan oleh sebuah kelompok terlarang yang bermarkas di Pakistan. Serangan di ibu kota finansial India itu telah menimbulkan ketegangan hubungan antara India dan Pakistan, dua negara bertetangga yang berkekuatan nuklir.
       
"Menurut informasi yang saya terima, sebuah tim badan penyelidik federal (FIA) telah menyelesaikan penyelidikan awal dan mengirim hasilnya ke departemen hukum," kata Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mehmood Qureshi kepada wartawan di Islamabad. India memelopori upaya diplomatik untuk meningkatkan tekanan internasional terhadap Islamabad dalam menumpas kelompok militan yang bermarkas di Pakistan.

New Delhi menyatakan yakin bahwa kecanggihan dan perencanaan dalam insiden Mumbai itu menunjukkan bahwa serangan tersebut tidak bisa dilakukan tanpa sepengetahuan "unsur-unsur negara" Pakistan. Islamabad menolak tegas tuduhan tersebut.

Serangan 60 jam di Mumbai oleh 10 pemuda bersenjata November tahun lalu itu menewaskan 165 orang dan mencederai ratusan lainnya. Serangan itu ditujukan kepada warga asing, terutama dari Australia dan AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com