Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Sumbang Gaza

Kompas.com - 19/01/2009, 19:34 WIB

KUWAIT CITY, SENIN - Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdul Aziz pada Senin (19/1) mengumumkan sumbangan senilai satu miliar dollar AS bagi pembangunan kembali Gaza yang digempur oleh ofensif Israel selama beberapa pekan.
    
"Atas nama rakyat Saudi, saya umumkan sumbangan sebesar 1 miliar dollar bagi program pembangunan kembali Gaza," kata Raja Abdullah pada pembukaan konferensi tingkat tinggi Arab di Kuwait.
    
Para pemimpin Arab diperkirakan akan menyetujui penyediaan dana dua miliar dollar bagi rekonstruksi Gaza. Qatar pekan lalu menyarankan pengumpulan dana bagi Gaza dan menyumbang 250 juta dollar.
    
Sementara itu konvoi truk yang membawa bantuan kemanusiaan seberat 170 ton berisi pasokan obat-obatan, peralatan medis, pakaian anak-anak, selimut, sebuah generator untuk pengadaan listrik rumah sakit dan makanan berangkat dari Jeddah, Arab Saudi, menuju Gaza, Minggu. Organisasi Konferensi Islam (OKI) membentuk sebuah "jembatan darat", demikian sebuah pernyataan organisasi itu.
    
Konvoi itu diberangkatkan oleh Sekretaris Jenderal OKI  Ekmeleddin Ihsanoglu, yang mengatakan bantuan tersebut disediakan untuk memenuhi kebutuhan dasar kemanusiaan bagi penduduk di Gaza. Menurut dia, OKI akan mengirim konvoi bantuan lagi yang mencerminakn solidaritas umat Islam dengan penduduk Gaza yang telah menderita berbagai bentuk kejahatan oleh Israel.
    
Ia menyerukan negara-negara anggota OKI, lembaga swadaya masyarakat dan kelompok masyarakat lain di dunia Muslim untuk memberikan sumbangan bagi usaha-usaha kemanusiaan OKI.
    
Jembatan kemanusiaan itu dilakukan bekerja sama dengan Masyarakat Bulan Sabit Merah Saudi dan dengan bantuan Raja Abdullah bin Abdul Aziz.
    
Sebelumnya OKI mengirim bantuan berupa makanan, perlatan medis dan obat-obatan seberat 300 ton ke Gaza. Konvoi bantuan itu masuk Gaza melewati perbatasan Rafah Rabu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com