Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singh : Teror Mumbai Didalangi Pejabat Pakistan

Kompas.com - 06/01/2009, 13:39 WIB

NEW DELHI, SELASA — Perdana Menteri India Manmohan Singh menuduh serangan teror Mumbai pada November lalu didukung oleh "sejumlah pejabat pemerintah" di Pakistan.

"Ada cukup bukti yang menunjukkan bahwa berdasarkan kecanggihan dan ketepatan militer serangan Mumbai, itu pasti didukung oleh sejumlah pejabat resmi di Pakistan," kata Singh dalam pertemuan dengan para pejabat negara bagian India di New Delhi, Selasa (6/1).

Sing menjelaskan, hasil penyelidikan dengan jelas menunjukkan, kelompok Lashkar-e-Taiba yang bermarkas di Pakistan di balik serangan itu yang menewaskan 164 orang.

Singh tidak menyebut langsung nama-nama pejabat Pakistan itu. Namun, India sejak lama menuduh agen intelijen Pakistan (Inter-Services Intelligence) terlibat dalam berbagai serangan di India dalam beberapa tahun terakhir.

India dan Pakistan terlibat perang tiga kali sejak mereka merdeka pada 1947. Dua perang di antaranya karena perebutan wilayah Kashmir.

Meski berulang kali membuat pernyataan keras, para pemimpin India menegaskan tidak ingin terlibat perang untuk keempat kali. Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari pejabat Pakistan soal tudingan itu.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com