Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gong Li Jadi Warga Singapura Supaya Bebas

Kompas.com - 06/01/2009, 11:37 WIB

SHANGHAI, SELASA —Memasuki 2009, aktris kondang asal China, Gong Li bersedia "buka-bukaan" soal keputusan bernuansa kontroversial mengenai kepindahannya menjadi warga negara Singapura.

“Itu keputusan saya sendiri dan saya kira itu sebabnya tak perlu ada penjelasan seketika dan gencar secara terbuka,” kata Gong Li sebagaimana ditayangkan Sina.com, Senin (5/1).

Gong Li mengatakan hal itu dalam rekaman untuk acara Yang lan One on One yang rencananya disiarkan pada 11 Januari oleh Dragon TV berbasis di Shanghai. Pada awal November tahun lalu, Gong mendapat kewarganegaraan Singapura dan menyulut pembahasan sengit di kalangan media dan warga China.

Sebagian berpendapat perubahan kewarganegaraan Gong tidak patriotik. Yang lain memandang layak bagi karier akting dan kehidupan pribadinya. Menanggapi hal itu, Gong Li mengatakan, “Saya akan meniti jalan hidup saya dan saya tak ingin hidup saya diutak-atik oleh omongan orang.”

Gong mengatakan, di Singapura ia tak pernah harus disertai asisten ketika pergi berbelanja atau makan seperti yang harus dikerjakannya di China Daratan. “Kebebasan terlalu berharga buat saya untuk dilindungi,” kata Gong dalam wawancara tersebut.

Gong juga menyatakan, mitranya dalam film berikutnya bisa jadi adalah bintang Jim Carrey. “Kami mungkin bekerja sama di dalam film komedi black humor,” kata Gong. Itu bisa menjadi peran yang menantang buat dia karena ia hanya pernah memainkan satu peran komedi.

Ia juga mengatakan dalam wawancara tersebut bahwa ia tak memiliki keinginan untuk meraih Oscar dan “Apa yang paling saya peduli sekarang ialah menjadi aktris yang bagus”. Gong juga membantah pendapat mengenai beralih menjadi penyunting naskah, sutradara, atau produser film.

Aktris berusia 44 tahun itu tenar melalui film, seperti Red Shogun dan Raise the Red Lantern, sebelum mengukir nama di Hollywood melalui peran dalam film Miami Vice. Ia menikah dengan juragan tembakau Singapura, Ooi Hoe Seong, pada 1996.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com