Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibutuhkan Nyawa untuk Tulis Surat Cinta

Kompas.com - 21/11/2008, 11:33 WIB

Surat cinta Manish Kumar (15) kepada seorang gadis berakibat pada kematiannya. Rajesh Kumar, polisi pada Distrik Kaimur, Negara Bagian Bihar, India timur, Kamis (20/11), menuturkan, Manish mati dilindas kereta setelah diculik saat ke sekolah oleh orang-orang dari kasta yang berseteru.

Manish lantas dicukur rambutnya, diarak, dan diletakkan di rel kereta. Alasannya, karena dia berani menulis surat cinta kepada gadis dari kasta yang berlainan.

Ibu Manish, Lalit Devi, sudah memohon ampun, tetapi orang-orang tadi tak peduli. Devi tidak bisa berbuat apa-apa saat melihat anaknya dilindas.

Dia akhirnya melaporkan ke polisi yang kemudian menahan seseorang dan seorang polisi dipecat. Manish menulis surat kepada gadis yang juga dari desa yang sama, tetapi dari kasta yang lebih rendah.

Orangtua si gadis hanya pembantu rumah tangga, kasta terendah, sementara Manish dari kalangan peternak susu dengan kasta yang lebih tinggi.

Cinta lintas kasta ini acap kali mengundang kekerasan di kawasan pedesaan di India. Protes biasanya datang dari kasta yang lebih tinggi guna menjaga kehormatan kasta mereka. (ppg)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com