Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benci Siswi Sekolah, Tebar Teror Cairan Asam

Kompas.com - 13/11/2008, 09:30 WIB

KANDAHAR, KAMIS — Para remaja putri di Kandahar, Afganistan, ketakutan akibat adanya aksi penyemprotan cairan asam ke wajah mereka. Sasaran terutama remaja putri yang sedang ke sekolah.

Pada Rabu (12/11), dua remaja putri kakak beradik diserang dengan semprotan cairan asam oleh dua pria bersepeda motor. Keduanya mengalami luka serius. Aksi serangan dengan semprotan cairan asam ini marak di Kandahar belakangan ini dan sejauh ini 15 remaja putri menjadi korban. Tiga di antaranya cedera serius.

Situasi ini membuat pejabat di Kandahar bingung. Para remaja putri ini sudah mengenakan burka (pakaian khas yang menutupi wajah dan seluruh badan) bagi perempuan Afganistan. Muncul spekulasi, para penyerang yang menggunakan pistol air ini adalah anggota kelompok Taliban yang memang tidak menghendaki remaja putri ke sekolah.

Taliban yang berkuasa dari tahun 1996 hingga 2001 melarang remaja putri dan kaum perempuan Afganistan ke sekolah. Peristiwa ini terjadi di dekat SMA Mirwais Nika yang khusus untuk remaja putri. Teror gaya baru selain serangan bom bunuh diri.(PPG)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com