Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telah 224 Orang Tewas Terinjak-injak di Kuil India

Kompas.com - 02/10/2008, 21:59 WIB

JODHPUR, KAMIS - Jumlah korban meninggal dunia akibat terinjak-injak setelah berdesak-desakan di sebuah kuil Hindu di India telah mencapai 224 orang. Kejadian tersebut bermula saat beberapa pintu kuil dibuka untuk ibadah pada Selasa (30/9) subuh bagi lebih 12.000 orang yang akan merayakan festival keagamaan di kuil yang terletak di sebuah benteng pada abad ke-15 di Jodhpur.  

Dua ratus umat dilaporkan sempat berdorong-dorongan dengan kerumunan umat lainnya saat mencoba menerobos masuk kuil sehingga mengakibatkan beberapa orang terjatuh di jalan yang sempit serta terinjak-injak. Lantai di kuil tersebut juga dilaporkan dalam keadaan licin akibat terkena tumpahan santan yang digunakan oleh umat sebagai sesajen pada acara keagamaan tersebut sehingga mengakibatkan beberapa umat tergelincir dan terjatuh saat berusaha menghindar dari kerumunan massa yang terinjak-injak. 

Sempat beredar rumor yang kemudian dinyatakan sebagai kabar isapan jempol belaka bahwa kasus itu diperburuk dengan adanya bom yang diledakkan di tengah kerumunan umat. Jumlah korban meninggal dunia bertambah setelah polisi menemukan bahwa beberapa penduduk setempat membawa keluarga mereka yang meninggal dunia dan mengkremasinya tanpa melaporkan ke pihak yang berwenang untuk pencatatan korban tewas. Sementara 57 orang lainnya dilaporkan cidera serta dirawat di beberapa rumah sakit di kota Jodhpur, negara bagian Rajasthan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com