Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Ukir Sejarah, 3 Astronot China Kembali ke Bumi

Kompas.com - 28/09/2008, 19:12 WIB

BEIJING, MINGGU - Tiga astronot China keambali ke bumi, Minggu (28/9), setelah sukses mengadakan misi perjalanan di luar pesawat yang berada di orbit untuk pertama kalinya bgi negara komunis ini. Televisi nasional China CCTV menayangkan para astronot yang keluar dari kapsul mereka dan melambaikan tangan ke arah kamera saat mereka merayakan akhir dari misi ruang antariksa selama 68 jam tersebut.

Modul Shenzhou 7 yang ditumpangi ketiga astronot mendarat dalam kondisi cuaca cerah di Inner Mongolia bagian utara, China, pukul 17.37 waktu setempat (16.37 WIB). Perdana Menteri China Wen Jiabao memuji misi ruang angkasa ini dari ruang kendali misi di Beijing saat Modul Shenzhou 7 menyentuh bumi setelah melayang secara perlahan dengan bantuan parasut raksasa bergaris merah dan putih.

"Misi yang penuh tantangan ini telah berakhir dengan kesuksesan," kata komandan misi ruang antariksa tersebut Zhai Zhigang. Setelah tiba kembali ke bumi, ketiga astronot sempat menjalani pemeriksaan kesehatan di dalam modul sebelum akhirnya dinyatakan dalam kondisi sehat.  Sebelum keluar melambaikan tangan ke mereka yang menyambutnya, para astronot berada di dalam modul selama 46 menit untuk menyesuaikan diri dengan grativitas bumi.

China pertama kali meluncurkan misi berawak ke luar angkasa dengan Shenzhou 5 pada tahun 2003. China merupakan negara ketiga setelah Rusia dan AS yang meluncurkan manusia ke ruang angkasa. Misi pertama China itu disusul dengan misi yang terdiri dari 2 awak pada tahun 2005.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com