Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bongkah Intan 478 Karat Ditemukan di Lesotho

Kompas.com - 23/09/2008, 04:15 WIB

LONDON, SELASA - Para penambang di Lesotho menemukan bongkah intan raksasa seberat 478 karat atau sekitar lebih dari 95 gram. Bongkah intan yang belum mendapatkan sebutan nama tersebut memiliki potensi dibentuk menjadi intan siap pakai hingga 150 karat. Nilai jualnya bisa menembus jutaan dollar AS.

Intan tersebut ditemukan para pekerja Gem Diamonds, perusahaan intan Lesotho di lokasi pertambangan Letseng. Gem Diamonds mencatatnya sebagai bongkah intan terbesar ke-20 di dunia. Meski bukan bongkah terbesar yang pernah ditemukan, batu tersebut mungkin intan murni terbesar di dunia.

"Pemeriksaan awal terhadap batu intan yang sangat berharga ini menunjukkan bahwa ia akan memecahkan rekor sebagai intan terbesar dari sisi warna dan kemurnian," ujar Clifford Elphick, chief executive Gem Diamonds. Ukurannya akan menyaingi intan bulat Koh-i-Noor yang digunakan dalam mahkota kerajaan Inggris.

Meski demikian, dari segi ukuran intan tersebut masih jauh lebih kecil daripada intan Cullinan yang ditemukan tahun 1905. Intan yang dikenal dengan nama Bintang Terbesar dari Afrika itu berasal dari bongkah 3.106 karat dan digosok menjadi bentuk tetesan air seberat 530 karat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com