Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan Tambang Tewaskan 35 Orang di China

Kompas.com - 21/09/2008, 10:19 WIB

BEIJING, MINGGU - Dua peristiwa kecelakaan kerja di wilayah pertambangan terpisah di China mengakibatkan sekitar 36 orang tewas dan 35 orang lain belum diketahui nasibnya. Sekitar 31 pekerja tambang tewas dalam ledakan gas di sebuah lokasi pertambangan swasta dekat kota Dengfeng, Provinsi Henan, China bagian tengah, Minggu (21/9).

Kantor berita resmi Xinhua melaporkan, sebanyak 108 orang sedang berada di lokasi tambang bawah tanah itu saat ledakan gas terjadi dan sejauh ini baru 68 orang yang berhasil diselamatkan dari kecelakaan itu. Xinhua juga melaporkan, lima pekerja tambang tewas dan 26 pekerja tambang lain belum diketahui nasibnya setelah terjadi kebakaran di sebuah tambang batu bara di kota Hegang, Provinsi Heilongjiang, China timur laut, Sabtu.

Dua belas pekerja tambang berhasil menyelamatkan diri di lokasi tambang di kota Hegang itu. Namun, upaya penyelamatan korban di lokasi tambang batu bara ini terhalang oleh asap tebal dan densitas gas yang tinggi.

Kecelakaan kerja di wilayah pertambangan China merupakan tertinggi di dunia. Kecelakaan tambang yang biasa disertai dengan ledakan dan banjir ini telah menewaskan hampir 3.800 orang, tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com