Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awak Star Trek Nikahi Teman Lelakinya

Kompas.com - 16/09/2008, 08:01 WIB

LOS ANGELES, SELASA — Mantan aktor Star Trek, George Takei, menikahi teman laki-lakinya di Los Angeles, Senin (15/9). Takei (71) mengikat tali perkawinan dengan manajer bisnisnya, Brad Altman (54).

Beberapa pasangan mainnya di Star Trek juga hadir, termasuk saksi laki-laki (pada perkawinan) Walter Koenig (Chekhov) dan wanita pengiring utama perkawinan Nichelle Nichols (Uhura). Takei berperan sebagai Tuan Sulu dalam serial sain-fiksi 1960-an itu. Ia juga tampil pada sejumlah film sesudahnya.

Hampir 200 orang menghadiri upacara di Museum Nasional Jepang Amerika itu. Pasangan itu mengenakan tuksedo, jaket dan kemeja putih dengan celana panjang hitam dan dasi kupu-kupu.

Pernikahan berlangsung tiga bulan setelah California mengikuti undang-undang di Massachusetts yang membolehkan perkawinan sesama jenis. Bulan lalu, pelawak Ellen DeGeneres menikah dengan aktris Australia, Portia de Rossi, di Beverly Hills.

Takei, yang mengasingkan diri bersama keluarganya dan 120.000 orang Jepang-Amerika lain pada Perang Dunia II, adalah aktivis hak asasi manusia sejak lama. Setelah pengadilan tertinggi California mencabut larangan perkawinan sesama jenis pada Mei, Takei dan Altman termasuk di antara pasangan gay pertama yang mendapatkan surat izin perkawinan. Mereka telah bersama lebih dari 21 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com