Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disertai Ombak Tinggi, Topan Ike Bergerak ke Texas

Kompas.com - 13/09/2008, 01:14 WIB

GALVESTON, SABTU — Topan Ike yang mengakibatkan gulungan ombak putih setinggi 4,5 meter bergerak ke arah Texas dan dikhawatirkan akan menerjang Galveston, kota terbesar ke-4 di Amerika. Hulu pusaran topan ini diperkirakan akan memasuki Galveston, Sabtu (13/9) pagi ini.

Embusan topan Ike diperkirakan akan menimbulkan hujan di Texas dan Louisiana yang masih dalam tahap pemulihan setelah diterjang Topan Gustav akhir pekan lalu. Badan Cuaca Nasional AS memperingatkan penduduk di wilayah yang lebih kecil di Galveston terancam keselamatannya apabila tidak mengindahkan perintah evakuasi.

Sebagian besar penduduk Galveston mematuhi perintah evakuasi seperti yang dilakukan ribuan warga Texas. Namun, untuk menghindari terjadinya kemacetan lalu lintas menjelang datangnya topan Ike, sebagian besar warga dari 2 juta warga Houston diperintahkan tidak meninggalkan kediaman mereka.

Gelombang laut putih setinggi 4,5 meter akibat embusan Ike dilaporkan telah menghantam dinding tembok sisi pantai Galveston. Gelombang tersebut cukup membuat Tony Munoz dan istrinya, Jennifer, yang tengah asyik mengambil foto pemandangan laut khawatir.

"Kami mulai melihat air memasuki jalan raya sehingga kami mengemas barang-barang perlengkapan kami dan beranjak pergi," kata Tony Munoz (33). "Saya sebelumnya pernah melihat berbagai badai, namun badai kali ini benar-benar mengerikan," tambahnya.

Memasuki pukul 11.00 Jumat waktu setempat atau pukul 21.00 tadi malam, Topan Ike berpusat di sekitar 314 kilometer tenggara Galveston dan bergerak ke barat-barat laut dengan kecepatan 12 mil per jam. Peringatan topan diberlakukan di sepanjang 645 kilometer jalur pesisir dari selatan Corpus Christi hingga ke Morgan City, Louisiana. Peringatan badai tropis tersebut telah diperluas ke selatan hampir ke perbatasan Meksiko dan ke timur menuju garis pantai Mississippi-Alabama, termasuk New Orleans.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com