Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gustav Hengkang, Geliat Perminyakan Hadir

Kompas.com - 02/09/2008, 21:47 WIB

HOUSTON, SELASA - Perusahaan minyak, pemilik rig dan penyulingan minyak di Teluk Persia menaksir kerusakan yang ditimbulkan oleh badai tropis Gustav Selasa (2/9). Beberapa perusahaan minyak, pemilik rig serta penyulingan minyak telah memperbaiki perlengkapan dan melanjutkan operasinya.

Indikasi awal menunjukkan Gustav mengakibatkan kerusakan kecil pada fasilitas pengeboran minyak di lepas pantai dan darat walaupun dampak keseluruhan belum diketahui hingga beberapa hari mendatang. Namun demikian, harga minyak anjlok lebih dari 8 dolar AS per barrel pada awal transaksi di New York Mercantile Exchange.
 
Hal itu mengisyaratkan pelaku pasar optimis bahwa fasilitas perminyakan di Teluk Persia hanya mengalami kerusakan kecil akibat terjangan Gustav. Sebagian besar perusahaan minyak melakukan tinjauan kerusakan fasilitanya dengan menerbangkan beberapa pesawat dan helikopternya di lepas pantai.

Teluk Persia AS merupakan basis produksi hampir separuh kapasitas penyulingan minyak AS. Sekitar 25 persen produksi minyak domestik dan 15 persen produksi gas alam AS berasal dari Teluk Persia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com