Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Wartawan Diculik Milisi Somalia

Kompas.com - 24/08/2008, 17:27 WIB

MOGADISHU, MINGGU - Tiga orang wartawan diculik di Somalia yang tengah dilanda konflik itu. Dua di antaranya adalah warga asing, masing-masing satu orang dari Kanada dan satu dari Australia. Seorang lainnya adalah fotografer asal Somalia. Penculik juga membawa seorang supir warga Somalia. 

"Dua wartawan, seorang pria dan seorang wanita diculik di kamp-kamp. Mereka sedang memotret para pengungsi tetapi pria-pria bersenjata mengepung mereka dan membawa pergi mereka bersama dengan orang-orang Somalia itu," kata warga lokal Fadumo Isse. Penculikan ini terjadi di sebuah kamp pengungsi dekat Elasha, 17 kilometer luar ibukota Mogadishu.

Persatuan Wartawan Nasional Somalia (NUSOJ) mengidentifikasi tiga wartawan yang diculik itu sebagai Amanda Lindhout dari Kanada, Nigel Brennan dari Australia, dan wartawan foto Somalia Abdifatah Mohammed Elmi. Menurut NUSOJ, para wartawan itu ditahan di Mogadishu timur laut oleh satu kelompok milisi. Namun, sampai saat ini masih belum jelas motif penculikan tersebut, apakah mereka ditahan karena alasan-alasan politik atau untuk menuntut uang tebusan. Sejauh ini, kontak dengan penculik tidak dapat dilakukan.

"Kami mengecam penculikan yang kejam ini... dan menyerukan pembebasan segera rekan-rekan kami, yang ditangkap karena tugas mulia untuk rakyat Somalia," kata Omar Osman, sekjen NUSOJ dalam sebuah pernyataan. Dubes Australia di Nairobi juga sudah mendesak pemerintah Somalia dan negara-negara yang memiliki kedubes di Somalia membantu menemukan Brennan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com