Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diancam Badai, 270.000 Warga China Mengungsi

Kompas.com - 28/07/2008, 09:01 WIB

FUZHOU, SENIN - Sebanyak 274.300 orang telah diungsikan hingga Minggu (27/7) sore di Provinsi Fujian, China tenggara, saat sebuah topan kuat mendekat.

Sebanyak 52.301 perahu nelayan juga telah kembali ke dermaga hingga pukul 18.00, Minggu. "Petugas bantuan darurat telah membantu orang-orang di kapal penangkap ikan mendarat," kata Yang Zhiying, pemimpin markas pemantau banjir di Fujian.  
    
Topan Fung Wong, topan tropis kedelapan tahun ini, berubah menjadi badai kuat pada pukul 20.00. Pusat topan tersebut terletak di laut sekitar 210 kilometer di sebelah timur Kabupaten Taitung, Taiwan, kata pusat pemantau di provinsi itu.
    
Topan bergerak ke arah barat dan diramalkan mendarat di Taiwan pada Minggu malam atau Senin pagi. Pusat pemantauan mengamati bahwa topan itu diperkirakan mendarat lagi di Fujian pada Senin malam atau Selasa pagi, dan menyapu provinsi tersebut sebelum bergerak lebih jauh ke dalam daratan di provinsi Jiangxi, China timur.  
    
Fujian, yang terpengaruh oleh Topan Fung Wong, berkali-kali diterjang angin keras, Minggu pagi. Pusat pemantauan meramalkan bahwa hujan yang disertai badai akan terus terjadi hingga Senin di provinsi tersebut, terletak di sebelah barat Teluk Taiwan.
    
Dari Senin malam hingga Selasa, angin diperkirakan akan sangat kencang di berbagai kota besar di pantai Fujian. Hujan badai atau hujan lebat yang disertai angin keras diramalkan terjadi di kota besar Ningde, Fuzhou, Putian, dan Quanzhou. "Hujan lebat yang terus mengguyur tampaknya akan mengakibatkan banjir atau bencana lain," kata Yang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com