Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Shinzo Abe, Pemegang Rekor PM Jepang Terlama

Kompas.com - 08/07/2022, 17:03 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

TOKYO, KOMPAS.com - Siapa Shinzo Abe? Profil Shinzo Abe terkenal sebagai pemegang rekor perdana menteri terlama di Jepang.

Semasa menjabat, profil Shinzo Abe terkenal sebagai PM Jepang yang memperjuangkan reformasi ekonomi yang ambisius dan menjalin hubungan diplomatik utama sambil mengatasi sejumlah skandal.

Hampir dua tahun setelah kesehatan yang buruk memaksanya menanggalkan jabatan, pria berusia 67 tahun itu dikhawatirkan tewas setelah insiden mantan PM Jepang ditembak dalam kampanye pada Jumat (8/7/2022).

Baca juga: Mantan PM Jepang Shinzo Abe Dikhawatirkan Tewas Setelah Ditembak

Shinzo Abe berusia 52 tahun saat kali pertama menjadi perdana menteri pada 2006, dan menjadi orang termuda yang menduduki jabatan itu di era pasca-perang dunia.

Profil Shinzo Abe dipandang sebagai simbol perubahan dan pemuda, tetapi juga membawa unsur politisi generasi ketiga yang dipersiapkan sejak lahir oleh keluarga elite dan konservatif.

Dikutip dari kantor berita AFP, masa jabatan pertama Shinzo Abe penuh gejolak, terganggu skandal dan perselisihan, serta terhambat oleh pengunduran diri yang mendadak.

Setelah awalnya mengisyaratkan mundur karena alasan politik, Shinzo Abe mengakui bahwa dia menderita penyakit yang kemudian didiagnosis sebagai kolitis ulserativa atau radang usus.

Kebijakan Abenomics

Eks PM Jepang Shinzo Abe. Mantan PM Jepang ditembak pada pukul 11.30 waktu setempat saat berpidato di kota Nara, dekat Stasiun Yamato-Saidaiji Jumat (8/7/2022).AFP/TORU YAMANAKA Eks PM Jepang Shinzo Abe. Mantan PM Jepang ditembak pada pukul 11.30 waktu setempat saat berpidato di kota Nara, dekat Stasiun Yamato-Saidaiji Jumat (8/7/2022).
Radang usus itu memerlukan pengobatan berbulan-bulan, tetapi kata Abe, akhirnya dapat diatasi dengan bantuan pengobatan baru.

Dia pun mencalonkan diri lagi dan kembali terpilih sebagai perdana menteri Jepang pada 2012.

Kembali terpilihnya Shinzo Abe mengakhiri periode bergejolak di Jepang, yang mengalami pergantian perdana menteri sangat cepat kadang-kadang satu kali setahun.

Dengan Jepang yang masih tertatih akibat dampak tsunami 2011 dan bencana nuklir berikutnya di Fukushima, Shinzo Abe menawarkan bantuan untuk menyelamatkan perekonomian "Negeri Sakura", yang ia namai Abenomics.

Abenomics adalah skema untuk menghidupkan kembali ekonomi Jepang, negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia, tetapi lebih dari 20 tahun mengalami stagnasi. Caranya adalah melibatkan pengeluaran pemerintah yang besar, pelonggaran moneter besar-besaran, dan pemotongan birokrasi.

Baca juga:

Shinzo Abe juga berusaha meningkatkan angka kelahiran yang lesu di Jepang dengan membuat tempat kerja lebih ramah bagi para orangtua, terutama ibu.

Dia mendorong kenaikan pajak konsumsi yang kontroversial untuk membantu membiayai persalinan, dan merapatkan kesenjangan dalam sistem jaminan sosial Jepang.

Meskipun ada beberapa kemajuan dengan reformasinya, masalah struktural ekonomi yang lebih besar tetap ada.

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com