Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil dan Fakta Unik Ukraina, Negara Terluas Eropa yang Menyimpan Banyak Sejarah Dunia

Kompas.com - 01/03/2022, 10:00 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

KOMPAS.com - Banyak orang tidak tahu banyak tentang profile Ukraina, selain mungkin bendera dan konfliknya dengan Rusia.

Delapan tahun terakhir, Ukraina menderita banyak korban dalam konflik dengan pemberontak yang didukung Rusia di timur. Alih-alih mendekat ke masa damai, eskalasi terjadi pada Kamis (24/2/2022).

Hanya beberapa jam setelah Presiden Vladimir Putin mengumumkan operasi militer khusus, pasukan darat Rusia menyeberang ke Ukraina dari beberapa arah.

Terlepas daripada semua ini, Ukraina adalah negara yang terkenal dengan pemandangannya yang indah dan beragam, budaya dan tradisi yang terpelihara dengan baik, dan kaya akan sejarah dunia. Berikut beberapa fakta menarik Ukraina yang membuatnya istimewa.

Baca juga: Rangkuman Hari Kelima Serangan Rusia ke Ukraina, Invasi Melambat, Permukiman Kiev Akan Diserang

1. Negara terbesar di Eropa

Jika tidak termasuk Rusia yang terletak di Asia dan Eropa, Ukraina adalah negara terbesar dalam hal luas di Eropa. Luas total Ukraina adalah 603,55 km persegi.

Meski demikian total populasi Ukraina hanya sekitar 43 juta orang, lebih kecil dari populasi Jerman dan Prancis.

Ukraina secara resmi mendeklarasikan dirinya sebagai negara merdeka pada 24 Agustus 1991. Saat itu Parlemen Tinggi Komunis Soviet menyatakan bahwa Ukraina tidak akan lagi mengikuti hukum Uni Soviet dan hanya hukum Republik Sosialis Soviet (RSS) Ukraina. 

2. Ukraina memiliki tujuh Situs Warisan Dunia

Katedral Saint-Sophia Keiv dan pusat bersejarah Lviv, Ukraina.COMMONS via WIKIMEDIA Katedral Saint-Sophia Keiv dan pusat bersejarah Lviv, Ukraina.

Ukraina adalah rumah bagi tujuh situs yang dilindungi oleh Daftar Warisan Dunia UNESCO. Lokasi itu juga merupakan salah satu tempat terbaik di Ukraina yang menjadi tujuan utama wisatawan.

Ini antara lain termasuk Katedral Saint-Sophia Keiv dan pusat bersejarah Lviv, gereja kayu unik di Carpathians dan hutan beech yang mengelilinginya.

Baca juga: POPULER GLOBAL: Rusia Hancurkan Antonov Ukraina | Hari Kelima Invasi

3. Pakaian tradisional Ukraina adalah Vyshyvanka

Vyshyvanka adalah nama pakaian tradisional Ukraina. Ini berbeda dari yang lain karena karya sulamannya yang menonjolkan sulaman Ukraina.

Vyshyvanka terdiri dari kemeja putih polos yang terbuat dari linen dan dihiasi dengan sulaman bunga atau ornamen jahit tangan. Pakaian ini dapat dipakai baik oleh pria dan wanita.

Pakaian nasional Ukraina adalah Vyshyvanka
via FLICKR Pakaian nasional Ukraina adalah Vyshyvanka

4. Rumah dari banyak Kota Hantu

Bencana nuklir paling mematikan sepanjang masa, Bencana Chernobyl, terjadi di Ukraina. Situs di mana bencana ini terjadi dan sekitarnya terletak di utara Ukraina dan merupakan bagian dari Zona Terlarang Chernobyl, yang didirikan oleh Uni Soviet segera setelah kecelakaan pada 1986.

Di dalam zona tersebut terdapat sejumlah kota yang ditinggalkan, terutama Pripyat, yang menarik minat dari seluruh dunia. Ada tur untuk area tersebut, termasuk pembangkit listrik, namun risikonya ditanggung oleh pelancong.

Baca juga: Radiasi Chernobyl Meningkat Usai Direbut Rusia, Akan Jadi Bom Nuklir?

5. Terowongan Cinta

Terowongan Cinta adalah jalur kereta api setengah terbengkalai di Klaven, Ukraina Barat Laut, yang tercatat sebagai tempat paling romantis di dunia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com