Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kenapa Ukraina Membenci Rusia dan Uni Soviet

Kompas.com - 07/02/2022, 15:32 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Guardian

KIEV, KOMPAS.com - Alasan kenapa Ukraina membenci Rusia berkaitan dengan kenapa Ukraina membenci Uni Soviet saat hendak pecah.

Menurut sejarawan Olena Chebeliuk yang berbasis di Lviv, penyebab kenapa Ukraina membenci Rusia adalah kediktatoran di negara itu.

"Ukraina membenci Putin, terutama di barat negara kami," ujarnya dikutip dari The Guardian (19/1/2022).

Baca juga: Ukraina Negara Maju atau Negara Berkembang?

Berkaitan tentang ancaman perang Rusia Ukraina, Chebeliuk berharap Presiden Rusia Vladimir Putin hanya berpura-pura, dengan tujuan sebenarnya untuk mendapatkan sesuatu dari barat dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Chebeliuk lalu mencontohkan, setiap kali ada penguasa Ukraina yang bertindak seperti diktator, rakyat langsung bangkit melawannya.

Revolusi 2014 di Kiev misalnya yang menggulingkan presiden Ukraina pro-Rusia Viktor Yanukovych.

Sejarawan tersebut juga menolak klaim Putin bahwa Ukraina dan Rusia adalah satu bangsa.

"Rusia selama 20 tahun hidup dalam kediktatoran, mereka senang-senang saja."

"Kami tidak suka diktator di sini. Putin agak pemimpi. Dia ingin menjadi orang terkuat di dunia. Jika dia mencoba membuat kediktatoran di Ukraona, dia akan gagal," terangnya.

Sementara itu Pemerintah Ukraina menegaskan, Rusia tidak dapat mencega Kiev membangun hubungan yang lebih dekat dengan NATO.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky saat mempresentasikan pernyataan negaranya dalam konferensi iklim COP26 Glasgow, di Skotlandia, 1 November 2021.POOL/ANDY BUCHANAN via AFP Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky saat mempresentasikan pernyataan negaranya dalam konferensi iklim COP26 Glasgow, di Skotlandia, 1 November 2021.
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuding Rusia berusaha mengacaukan negara itu dan menyusun kudeta.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba memperingatkan, kudeta terencana dapat menjadi bagian strategi Rusia menjelang invasi militer.

Baca juga: Kenapa Ukraina Miskin dan Bagaimana jika Perang Lawan Rusia

Ketegangan antara kedua negara semakin diperburuk oleh krisis energi Ukraina yang mendalam, dan menurut Kiev didalangi oleh Moskwa dengan sengaja.

Ukraina termasuk 15 negara yang pecah dari Uni Soviet pada Desember 1991.

Ekonomi yang buruk ditambah pendekatan lepas tangan Mikhail Gorbachev terhadap wilayah satelit Soviet, menginspirasi gerakan kemerdekaan di republik-republik di pinggiran Soviet.

Pada 8 Desember 1991 Gorbachev yang baru bebas dari penjara melakukan perjalanan ke Minsk, Belarus, untuk bertemu dengan para pemimpin Republik Belarus dan Ukraina.

Di sana ia menandatangani perjanjian yang berisi pemisahan kedua negara tersebut dari Uni Soviet.

Beberapa minggu kemudian, Belarus dan Ukraina diikuti delapan dari sembilan republik yang tersisa mendeklarasikan kemerdekaan mereka dari Uni Soviet setelah pertemuan di Alma-Ata, Kazakhstan.

Kini alasan kenapa Ukraina membenci Rusia dapat semakin menguat dengan ancaman invasi Rusia, meski dibantah Moskwa. Sebelumnya pada 2014 Rusia telah mencaplok Semenanjung Crimea di selatan dalam perang yang menewaskan 14.000 orang.

Baca juga: Sejarah Perang Rusia-Ukraina, sejak Era Kievan Rus hingga Aneksasi Crimea

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Guardian
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com