Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Perang Dunia I di Bidang Politik, Ekonomi, dan Sosial

Kompas.com - 15/11/2021, 10:00 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber CFR

KOMPAS.com - Dampak Perang Dunia I secara global menjadikan insiden ini sebagai salah satu periode terpenting dalam sejarah dunia.

Lebih dari 20 puluh negara yang menguasai wilayah di enam benua mendeklarasikan perang antara 1914 dan 1918, sehingga menjadikan Perang Dunia I sebagai konflik global pertama yang sesungguhnya.

Baca juga: Bom Perang Dunia I Meledak di Pesta Setelah Pernikahannya, Pengantin Ini Kehilangan Saudaranya

Dampak Perang Dunia I pun melebihi konflik yang pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah. Dengan korban mencapai lebih dari 9 juta tentara, pelaut, dan penerbang, serta 5 juta warga sipil lain.

Konflik ini melibatkan setidaknya 28 negara, dan menghabiskan lebih dari 186 miliar dollar AS dalam biaya langsung dan 151 miliar dollar AS biaya secara tidak langsung.

Perang Dunia I juga merupakan konflik pertama yang menggunakan pesawat terbang, tank, artileri jarak jauh, kapal selam, dan gas beracun. Setidaknya 7 juta pria cacat permanen akibat terlibat dengan perang ini.

Perang Dunia I mengubah masyarakat di seluruh Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika sub-Sahara. 

Dampak perang dunia I bidang politik

Perang Dunia I mungkin memiliki konsekuensi yang lebih luas daripada perang lainnya yang pernah terjadi.

Secara politis, perang dunia I mengakibatkan jatuhnya empat monarki, di Rusia pada 1917, di Austria-Hongaria dan Jerman pada 1918, dan di Turki pada 1922.

Baca juga: Anak-Anak dalam Perang Dunia I

Perang ini berkontribusi pada kebangkitan kaum Bolshevik ke kekuasaan di Rusia pada 1917 dan kemenangan fasisme Italia pada 1922.

Sementara bagi negara-negara di Timur Tengah dan di Asia Tenggara, perang dunia I memicu pemberontakan terhadap kolonial. Gejolak ini berkontribusi mendorong runtuhnya kolonialisme Eropa.

Dalam banyak kasus, para pemenang Perang Dunia I menyerap wilayah dari bekas imperium. Inggris dan Perancis mengambil tanah milik Kekaisaran Ottoman. Sementara itu, Jerman terpaksa menyerahkan koloninya di Afrika dan Pasifik sebagai bagian dari ketentuan Perjanjian Versailles.

Pecahnya kerajaan-kerajaan ini juga mengakibatkan terciptanya negara baru di Eropa, seperti Cekoslowakia dan Yugoslavia dan munculnya kembali negara lama seperti Polandia.

Dampak perang dunia I bidang ekonomi

Secara ekonomi, perang dunia I sangat mengguncang ekonomi Eropa dan memungkinkan Amerika Serikat (AS) menjadi kreditur dan kekuatan industri terkemuka di dunia.

Perang ini juga membawa konsekuensi sosial yang luas, termasuk pembunuhan massal orang-orang Armenia di Turki, dan epidemi influenza yang menewaskan lebih dari 25 juta orang di seluruh dunia.

Baca juga: Kisah Prajurit Termuda di Perang Dunia I Tahun 1916

Dampak kerusakan infrastruktur yang nyata di tiap wilayah menambah beban kerugian finansial dari perang yang sangat besar ini, dan membuat Eropa dalam kekacauan ekonomi.

Halaman:
Sumber CFR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com